Tautan-tautan Akses

Amerika Latin Dukung Bolivia dalam Sengketa Diplomatik dengan AS


Para pemimpin Amerika Latin mendukung Presiden Bolivia Evo Morales dalam sengketa diplomatik yang memuncak dengan Amerika Serikat. Presiden Honduras Manuel Zelaya mengatakan Jumat pemerintahannya menangguhkan rencana untuk menerima dutabesar Amerika yang baru, sebagai solidaritas dengan Bolivia.

Para pemimpin negara lain, termasuk Argentina, Brazil, Ekuador, dan Nicaragua, juga telah menyatakan dukungan mereka. Morales dan Presiden Venezuela Hugo Chavez telah mengecam keras Washington atas apa yang mereka sebut dukungan Amerika pada demonstrasi kekerasan anti-pemerintah di Bolivia.

Presiden Bolivia itu memerintahkan Dutabesar Amerika Philip Goldberg meninggalkan negara itu Rabu, dengan menuduhnya menghasut protes. Chavez mengusir dutabesar Amerika di Caracas Kamis sebagai tanda dukungan.

Washington menyebut tuduhan itu tidak berdasar, dan Kamis membalas dengan mengusir dutabesar Bolivia di Amerika Serikat, dan Jumat, dutabesar Venezuela. Menurut jurubicara Deplu Amerika, McCormack keputusan pengusiran itu mencerminkan kelemahan dan keputus-asaan para pemimpin dalam menghadapi tantangan dalam negeri.

Dalam perkembangan lainnya, Presiden Bolivia Evo Morales telah memberlakukan keadaan darurat di propinsi Pando, Bolivia timurlaut, satu diantara beberapa daerah yang dilanda demonstrasi rusuh menentang reformasi yang diusulkan oleh Morales.

Menteri pertahanan Bolivia mengumumkan tindakan itu Jumat. Dia mengatakan pertemuan lebih dari 3 orang tidak diizinkan, dan siapa saja yang membawa senjata akan ditangkap. Tentara telah mengambil alih kontrol atas bandar udara di ibukota propinsi, Cobija, dan melepaskan tembakan untuk membubarkan para demonstran.

Sementara itu, gubernur propinsi Tarija telah mengumumkan rencana untuk mengadakan pembicaraan dengan para anggota pemerintahan Morales di La Paz. Gubernur itu mengatakan dia berharap pembicaraan itu akan membuka jalan bagi pulihnya perdamaian di Bolivia.

Sekurang-kurangnya 8 orang tewas di Pando Kamis dalam bentrokan antara pendukung dan penentang Morales.

XS
SM
MD
LG