Tautan-tautan Akses

Sedikitnya Dua Tewas, Puluhan Cedera dalam Bentrok di Kashmir, India


Paling sedikit dua orang tewas dan puluhan lainnya cedera ketika para pengunjuk rasa Muslim bentrok dengan polisi selama rapat besar pro kemerdekaan di wilayah Kashmir yang dikuasai India.

Polisi mengatakan seorang demonstran tewas hari Jumat ini di kota Shopian, ketika polisi menembakkan gas air mata dan peluru untuk membubarkan kerumunan yang sedang melemparkan batu.

Sekitar 50 kilometer dari sana, di Srinagar, kota utama Kashmir, polisi mengatakan pemimpin separatis Yasin Malik cedera ketika polisi menembakkan gas air mata dan menggunakan pentungan untuk membubarkan demonstrasi. Malik pingsan dan dibawa ke rumah sakit setempat.

Ribuan polisi diturunkan ke lembah Himalaya untuk menanggapi demontrasi hari ini yang diselenggarakan oleh beberapa pemimpin sepataratis Muslim yang ternama.

Paling sedikit 41 orang telah tewas dan ratusan lainnya cedera dalam bulan-bulan terakhir selama rapat besar pro kemerdekaan di Kashmir. Gelombang kerusuhan ini dipicu oleh keputusan pemerintah untuk mengalihkan tanah sebagai perumahan sementara para pejiarah ke pura suci Hindu.

XS
SM
MD
LG