Tautan-tautan Akses

Srilanka Kecam Komentar Sekjen PBB Soal Keprihatinan Peningkatan Kekerasan


Pemerintah Srilanka mengecam sekretaris jenderal PBB ban ki-moon karena menyatakan keprihatinan atas meningkatnya aksi-aksi kekerasan dan permusuhan di negeri itu.

Kata Srilanka hari Kamis, pernyataan sekretaris-jenderal PBB itu bisa dimanfaatkan oleh pemberontak macan Tamil.

Sekjen Ban Ki-moon menyatakan prihatin hari Selasa akan nasib warga sipil yang terpaksa mengungsi karena pertempuran hebat di Srilanka utara. Kata pemerintah Srilanka lagi, kelompok macan Tamil akan sangat senang mendengar ucapan ban ki-moon itu.

Kelompok-kelompok hak asasi menuduh pemerintah dan pemberontak tidak mengacuhkan nasib warga sipil. Kata Palang merah internasional, badan itu sedang meningkatkan bantuan bagi para pengungsi di kawasan wanni di utara Srilanka dan akan terus berada dekat penduduk yang membutuhkan bantuan.

Kelompok Macan Tamil telah berjuang untuk mendapatkan tanah air sendiri di Srilanka utara sejak tahun 1983. Aksi-aksi kekerasan sejak itu telah menewaskan lebih dari 70,000 orang.

Pemerintah Srilanka telah memerintahkan petugas bantuan untuk keluar dari kawasan pertempuran karena tidak bisa menjamin keselamatan mereka.

XS
SM
MD
LG