Tautan-tautan Akses

Partai Berkuasa Zimbabwe Ragukan ada Terobosan dalam Perundingan


Para pejabat partai yang berkuasa di Zimbabwe mengatakan putaran perundingan baru dengan oposisi tampaknya tidak akan menghasilkan terobosan.

Para pejabat partai Presiden Robert Mugabe yang berkuasa, ZANU PF, hari Selasa mengatakan mereka menduga pihak oposisi dari Partai Gerakan untuk Perubahan Demokrasi atau MDC akan memperpanjang perundingan.

Para pejabat partai yang berkuasa dan oposisi hari ini membahas perjanjian pembagian kekuasaan baru, yang diajukan oleh penengah mereka, Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki.

Hari Senin di Harare, Mbeki, bertemu dengan Presiden Mugabe, pemimpin MDC Morgan Tsvangirai dan Arthur Mutambara pimpinan faksi oposisi yang lebih kecil.

Tsvangirai sebelumnya menolak usul agar Mugabe tetap menjadi presiden dan mengendalikan pasukan keamanan Zimbabwe. Usul tersebut memberi Tsvangirai jabatan tanpa kekuasaan, sebagai Perdana Menteri.

Mugabe sebelumnya mengancam akan membentuk pemerintahan baru tanpa MDC kecuali Tsvangirai menandatangani kesepakatan pembagian kekuasaan.

XS
SM
MD
LG