Tautan-tautan Akses

Christopher Hill: Kebuntuan Nuklir Korut Akan Selesai Sebelum Akhir Jabatan Bush


Ketua tim perunding Amerika dalam pembicaraan mengenai program senjata nuklir Korea Utara hari Sabtu mengatakan ia yakin kebuntuan yang terjadi saat ini akan diselesaikan sebelum presiden Amerika berikutnya resmi menjabat.

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Christopher Hill berbicara setelah pertemuan dua hari di Beijing dengan para utusan dari Cina, Rusia, Jepang dan Korea Selatan. Hill mengatakan berbagai usaha untuk mendenuklirisasi Korea Utara akan dilanjutkan segera.

Pekan lalu, Korea Utara menyatakan telah berhenti melumpuhkan kompleks nuklir utamanya di Yongbyong karena Washington tidak mengeluarkan negara itu dari daftar negara-negara yang mensponsori terorisme.

Hill mengatakan Pyongyang akan segera dikeluarkan dari daftar tersebut begitu negara itu menyetujui sistem verifikasi nuklir sesuai standar internasional.

Hill mengatakan, protokol verifikasi tersebut harus segera diselesaikan. Ia meyakini hal tersebut dapat dilakukan segera.

Penempatan dalam daftar tersebut menghalangi Korea Utara untuk memperoleh bantuan yang sangat diperlukan bagi perekonomian yang mengalami kesulitan.

XS
SM
MD
LG