Tautan-tautan Akses

Rice: Rusia Perdalam Pengucilan Dirinya dalam Konflik di Georgia


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan Rusia, dalam kata-katanya, memperdalam pengucilan dirinya sendiri, karena gagal mempertahankan syarat-syarat dalam kesepakatan gencatan senjata dengan Georgia.

Rice mengatakan kepada wartawan di Lisabon hari Jumat ini bahwa Rusia tidak memiliki “jalan keluar” kecuali jika negara itu mengubah perilakunya terhadap bekas negara Soviet.

Amerika telah berulang kali mengritik Rusia karena mempertahankan pasukannya di zona keamanan di luar wilayah Ossetia Selatan dan Abkhazia yang memisahkan diri dari Georgia. Moskow menyatakan pasukannya melakukan tugas pemeliharaan perdamaian yang diperlukan.

Di Ukraina, Wakil Presiden Amerika Dick Cheney mengatakan tindakan Rusia menimbulkan keraguan mengenai niat dan tingkat kepercayaan terhadapnya sebagai mitra internasional. Cheney berada di Ukraina, pada persinggahan terakhirnya dalam lawatan ke kawasan yang bertujuan untuk menunjukkan dukungan bagi para sekutu Amerika. Ia menegaskan dukungan Amerika bagi upaya Ukraina untuk bergabung dengan aliansi militer NATO, sehari setelah ia di Tbilisi, mendukung upaya keanggotaan Georgia dalam NATO.

Rusia hari ini menuduh Cheney memicu agresi Georgia.

XS
SM
MD
LG