Tautan-tautan Akses

Tiga Tentara Kanada Tewas di Kandahar, Afghanistan


Tiga orang tentara Kanada tewas di Afghanistan hari Rabu dan lima lainnya luka-luka, termasuk dua orang yang luka berat.

Kata para pejabat Kanada, serangan itu terjadi di distrik Zhari di Kandahar, ketika tentara Kanada itu sedang mengadakan patroli. Kementerian pertahanan Australia mengatakan sembilan orang tentaranya cedera di propinsi uruzgan hari ini dalam sergapan yang dilancarkan pemberontak.

Pemerintah Jerman sementara itu telah memberi ganti rugi kepada keluarga seorang perempuan Afghanistan dan dua anaknya yang tertembak mati oleh tentara Jerman di sebuah pos pemeriksaan minggu lalu.

Kata jurubicara kementerian pertahanan Jerman, pembayaran ganti rugi itu bukan pengakuan bersalah, tapi dilakukan untuk mencegah adanya tindakan pembalasan.

Sementara itu, Presiden Amerika George Bush menyampaikan rasa penyesalan kepada Presiden Afghanistan Hamid Karzai atas jatuhnya korban sipil dalam serangan pimpinan Amerika di negeri itu.

Kata pemerintah Afghanistan dan PBB, 90 orang sipil, kebanyakan anak-anak tewas dalam serangan tanggal 22 Agustus itu. tapi koalisi pimpinan Amerika mengatakan hanya lima sampai tujuh orang sipil yang tewas, disamping 30 sampai 35 orang Taliban.

XS
SM
MD
LG