Tautan-tautan Akses

Ribuan Pengunjuk Rasa Berkumpul di St Paul Menentang Perang di Irak


Ribuan pengunjuk rasa berkumpul di St Paul hari Senin untuk menentang perang di Irak dan kebijakan-kebijakan pemerintahan presiden Bush pada hari pertama Konvensi Nasional partai Republik. Polisi menyatakan sekitar 80 orang ditahan.

Para demonstran berkumpul di halaman gedung DPR negara bagian sebelum berbaris beberapa blok menuju Xcel center, tempat konvensi berlangsung. Polisi menggunakan semprotan lada atau gas air mata untuk membubarkan para pengunjuk rasa yang tidak tertib.

Demonstran menabuh dram, berteriak-teriak, melambaikan bendera dan membawa plakat saat berbaris menuju pinggiran lokasi konvensi. Mereka juga berdemonstrasi untuk menuntut kebijakan lingkungan hidup yang lebih ketat, layanan kesehatan yang lebih baik, serta menentang pusat tahanan militer Amerika di Teluk Guantanamo, Cuba.

Menurut para pejabat kota, jumlah demonstran berkisar antara delapan ribu dan 10 ribu.

Polisi anti huru-hara berdiri mengawasi sementara para demonstran berbaris melewati jalan-jalan di ibukota Minnesota. Poster yang dibawa mereka di antaranya bertulisan, “Damai,” dan “Katakan Tidak untuk Perang.”

XS
SM
MD
LG