Tautan-tautan Akses

Sundaravej Tetapkan Situasi Darurat di Bangkok


Perdana Menteri Thailand Samak Sundaravej menetapkan situasi darurat di ibukota, Bangkok, setelah terjadi bentrokan maut antara kelompok-kelompok pengunjuk rasa yang saling bertentangan.

Pengumuman yang disiarkan hari Selasa pagi itu menyatakan larangan terhadap pertemuan lebih dari lima orang. Disebutkan juga bahwa Samak menetapkan Kepala Staf Angkatan Darat Thailand, Jenderal Anupong Paochinda sebagai penanggung jawab pemulihan ketertiban di ibukota.

Beberapa jam sebelumnya, Jenderal Anupong memerintahkan tentara untuk membantu polisi memulihkan ketertiban, setelah bentrokan maut antara para pendukung dan penentang Samak.

Sedikitnya 37 orang cedera pada Selasa subuh, dan satu orang tewas dalam kekerasan terburuk sejak protes anti-pemerintah dimulai bulan Mei lalu. Seorang pejabat rumah sakit Bangkok mengatakan dua orang mengalami luka tembak.

Bentrokan terjadi ketika ratusan pendukung Samak berusaha mengusir para demonstran anti-pemerintah dari kompleks kantor pemerintah yang telah mereka duduki selama beberapa hari.

XS
SM
MD
LG