Tautan-tautan Akses

Obama: Dunia Jangan Biarkan Iran Ancam Israel


Kandidat Presiden partai Demokrat, Barack Obama mengatakan masyarakat internasional harus berusaha untuk mencegah kemampuan nuklir Iran sehingga Israel jangan merasa terancam.

Senator itu mengatakan kepada pendukungnya pada sebuah kampanye di Iowa Senin, kalau ia terpilih sebagai presiden, ia akan meningkatkan tekanan diplomatik terhadap Iran sehubungan dengan program nuklirnya.

Ia menyerukan pengetatan sanksi terhadap Teheran, sebelum Israel, mengutip kata-katanya “merasa seakan-akan punggungnya dihadapkan kedinding,” dan tidak punya opsi apa-apa lagi. Ini tampaknya mengacu pada kemungkinan serangan Israel terhadap Iran.

Israel, Amerika dan sekutu-sekutunya menuduh Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir. Iran mengatakan program atom nya ditujukan untuk maksud-maksud damai.

Israel telah mengatakan Iran yang dipersenjatai nuklir akan mengancam keberlangsungan negara Yahudi itu. Angkatan Udara Israel melakukan latihan skala besar Juni lalu, sesuatu yang di interpretasikan sebagai latihan bagi kemungkinan serangan terhadap fasilitas nuklir Israel.

XS
SM
MD
LG