Tautan-tautan Akses

Dua Wartawan Barat Diculik di Mogadishu, Somalia


Para saksi dan pejabat keamanan di Somalia mengatakan, dua wartawan Barat telah diculik dengan todongan senjata di Ibukota Somalia, Mogadishu.

Para saksi mengatakan, kedua wartawan itu, yang diduga adalah seorang perempuan Canada dan seorang pria Australia, diculik Sabtu pagi ketika mengunjungi kamp-kamp bagi orang-orang yang meninggalkan rumah-rumah mereka di luar Ibukota.

Seorang Pejabat Hotel Shamo di Mogadishu mengukuhkan bahwa kedua wartawan itu tinggal di sana. Mereka didampingi oleh seorang penerjemah yang juga hilang.

Penculikan biasa terjadi di negara Afrika timur yang tidak mematuhi hukum, di mana pemberontak Muslim berjuang melawan Pemerintah sementara Somalia, dan tentara Ethiopia.

Hari Jum’at, pihak pemberontak mengambil alih kekuasaan kota Kismayo, setelah tiga hari terjadi tembak menembak yang mengakibatkan 70 orang tewas.

Penduduk di Kismayo mengatakan, meskipun keadaan relatif tenang, mereka takut pertempuran akan berlanjut lagi. Lebih dari 100 orang luka-luka dalam tembak menembak tersebut.

XS
SM
MD
LG