Tautan-tautan Akses

Rusia Laporkan Pasukannya Telah Ditarik dari Georgia


Menteri pertahanan Rusia, Anatoly Serdyukov mengatakan pasukan Rusia telah selesai menarik diri dari Georgia sesuai dengan gencatan senjata yang ditengahi Prancis.

Tetapi Presiden Bush dan presiden Prancis Nicolas Sarkozy mengatakan Rusia masih belum mematuhi gencatan senjata. Jurubicara Gedung Putih mengatakan Bush dan Sarkozy berbicara lewat telefon dan sependapat bahwa Rusia masih belum sepenuhnya menarik semua pasukan dan harus memenuhi gencatan senjata.

Menteri Pertahanan Serdyukov hari Jumat mengeluarkan pernyataan setelah wartawan mengukuhkan keberangkatan satuan terdiri atas truk dan kendaraan lapis baja Rusia menuju ke utara ke arah Ossetia Selatan dan Abkhazia yang memisahkan diri dari Georgia.

Seorang jenderal Rusia mengatakan di Moskow pasukan negaranya akan mempertahankan 18 pos pemeriksaan di satu kawasan keamanan di sekitar Ossetia Selatan. Dan itu mencakup bandar udara di dekat kota Senaki dan di sepanjang jalan raya dari timur ke barat Georgia.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika di Washington menyebut pos pemeriksaan dan kawasan keamanan itu pelanggaran terhadap gencatan senjata.

XS
SM
MD
LG