Tautan-tautan Akses

NATO Pertimbangkan Serius Dampak Tindakan Militer Rusia


Menteri-menteri luar negeri NATO sedang mempertimbangkan secara serius dampak tindakan Rusia di Georgia, dan sepakat tidak mungkin mengadakan kontak-kontak secara teratur sebelum tentara Rusia ditarik mundur.

Sekjen NATO Jaap de Hoop Scheffer mengatakan, para menteri itu bertemu di Brussel, sepakat NATO tidak bisa melanjutkan hubungan yang normal sampai tentara Rusia pergi. Ia mengatakan para menteri luar negeri itu juga sepakat untuk membentuk sebuah forum baru, Komisi NATO-Georgia untuk mempererat hubungan NATO dengan negara yang terletak di kawasan kaukasus itu.

Menteri Luar negeri Amerika, Condoleezza Rice, mengatakan pertemuan tersebut menunjukkan dukungan NATO terhadap demokrasi Georgia dan keutuhan wilayahnya. Ia menekankan tidak akan ada garis baru yang membagi Eropa dan kedua negara Georgia serta Ukraina tetap dimungkinkan menjadi calon anggota NATO.

Di Moskow, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuduh NATO berat sebelah dan berupaya menyelamatkan apa yang ia sebut “Rezim Kriminal” di Goergia. Ia mengatakan tentara Rusia bisa ditarik dalam 3 atau 4 hari, tergantung seberapa cepat tentara Georgia kembali ke pangkalan mereka.

XS
SM
MD
LG