Tautan-tautan Akses

Michael Phelps Ukir Sejarah, Menangkan Medali Emas ke-8 di Beijing


Perenang Amerika Michael Phelps telah mengukir sejarah dengan memenangkan medali emas ke delapan pada Olimpiade Beijing, prestasi yang belum pernah dicapai atlit manapun dalam sejarah Olimpiade modern.

Phelps dan kawan-kawan satu tim memenangkan nomor gaya ganti estafet 4 kali 100 meter putra dan memecahkan rekor dunia menjadi tiga menit, 29 koma 34 detik. Anggota tim lain, Jason Lezak, berenang terakhir dan memenangkan lomba itu. Lezak juga menjadi perenang terakhir nomor gaya bebas estafet 400 meter putra yang membantu pencapaian prestasi bersejarah Phelps.

Sejak Olimpiade modern dimulai pada tahun 1896, belum pernah ada atlit yang meraih delapan medali emas dalam satu Olimpiade. Perenang Amerika Mark Spitz meraih tujuh medali emas pada Olimpiade Munchen tahun 1972.

Dalam lomba renang lainnya, tim putri Australia mencetak rekor dunia saat memenangkan nomor gaya ganti estafet 4 kali 100 meter putri dengan catatan waktu tiga menit, 52 koma 69 detik.

Perenang Amerika Dara Torres tidak berhasil meraih emas pada nomor 50 meter gaya bebas. Ia ketinggalan seper seratus detik dari perenang Jerman Britta Steffen. Itu adalah keikutsertaan ke lima Dara Torres yang saat ini berusia 41 tahun dalam Olimpiade.

Pada nomor seribu 500 meter gaya bebas putra, perenang Tunisia Oussama Mellouli meraih medali emas.

XS
SM
MD
LG