Tautan-tautan Akses

Panglima Militer Filipina: Situasi di Mindanao Masih Rawan


Panglima militer Filipina Jenderal Alexander Yano mengingatkan bahwa situasi di Mindanao masih tetap rawan meskipun ratusan pemberontak Muslim telah menarik diri dari desa-desa penduduk Kristen di sana.

Jenderal Yano mengemukakan di hadapan hadirin di Manila hari Jum’at bahwa pemerintah tidak berperang melawan Fron Pembebasan Islam Moro, tetapi penarikan itu bisa merupakan siasat mengulur-ulur waktu sambil mempersiapkan diri untuk serangan di masa depan.

Ribuan petani mulai berpulangan ke rumah mereka di propinsi Cotabato setelah pasukan pemerintah menghalau pemberontak dari sana awal pekan ini. Namun kepulangan mereka terhalang oleh banyaknya ranjau-darat dan ranjau lain yang ditanam pemberontak yang mengundurkan diri. Kurang lebih seribu pemberontak Fron Pembebasan Islam Moro selama beberapa waktu menduduki desa-desa Kristen di Cotabato utara.

Pertempuran pecah awal bulan ini setelah Mahkamah Agung Filipina membekukan perjanjian antara pemerintah dan pemberontak untuk mendirikan negara Muslim di Mindanao.

XS
SM
MD
LG