Tautan-tautan Akses

AS Tingkatkan Tekanan Terhadap Rusia agar Hentikan Sikap Agresifnya di Georgia


Amerika Serikat meningkatkan tekanan terhadap Rusia agar menghentikan sikap agresifnya di negara tetangganya, Georgia, sementara Menteri Luar Negeri Amerika sedang menuju Tblisi untuk berbicara dengan para pemimpin Georgia.

Menteri Luar Negeri Amerika itu akan bertemu hari ini dengan Presiden Georgia Mihail Saakashvili. Para pejabat Amerika mengatakan dia akan mendesak Georgia agar menanda-tangani gencatan senjata yang diperantarai Perancis. Rice bertemu hari Kamis dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy, yang mengatakan kalau Saakashvili menanda-tangani gencatan senjata, pasukan Rusia akan mulai meninggalkan Georgia.

Juga hari ini, Kanselir Jerman Angela Merkel berangkat ke kota peristirahatan Laut Hitam, Sochi, untuk bertemu dengan Presiden Rusia Dmitri Medvedev untuk mengusahakan penyelesaian diplomatik atas sengketa itu.

Presiden Amerika George Bush hari Kamis menuntut lagi agar Rusia menghormati gencatan senjata di Georgia. Sementara itu, Menteri Pertahanan Robert Gates memperingatkan bahwa hubungan Rusia dengan Amerika Serikat dapat rusak selama bertahun-tahun kalau Rusia tidak memikirkan kembali sikap agresifnya di Georgia.

XS
SM
MD
LG