Tautan-tautan Akses

Tekanan Meningkat untuk Impeach Presiden Musharraf


Tiga dari empat DPRD Pakistan telah menyerukan pada presiden Pervez Musharraf supaya minta mosi kepercayaan dari DPR pusat atau menghadapi proses impeachment.

Para anggota DPRD propinsi sindh hari Rabu menyerukan supaya Musharraf mundur, ketika 93 dari 166 anggota DPRD mengesahkan resolusi anti-Musharraf itu.

Tidak ada anggota yang menolak rancangan resolusi, tapi kira-kira sepertiga dari mereka tidak memberikan suara dalam voting.

Undang-undang dasar Pakistan tidak mengharuskan presiden Musharraf minta mosi kepercayaan dari DPR, dan kata juru bicaranya, bekas jenderal itu tidak akan mundur.

Sementara itu, para anggota DPR pusat Pakistan sedang menyusun pasal-pasal tuduhan yang akan diajukan pada Musharraf. Untuk memecat presiden, dibutuhkan dua pertiga suara dalam majelis rendah dan majelis tinggi Pakistan. Kata penentang Musharraf, mereka punya cukup suara untuk menggeser presiden yang tidak populer itu.

Jenderal Musharraf merebut kekuasaan dalam kudeta tahun 1999 dan sejak itu memerintah Pakistan dengan tangan besi sebagai mitra Amerika dalam perang melawan teror.

XS
SM
MD
LG