Tautan-tautan Akses

Sudan Serang Pos Pemberontak di Darfur, 110 Tewas


Tentara Sudan dilaporkan melancarkan serangan atas pos-pos pemberontak di Darfur bagian utara dan menewaskan lebih dari 110 warga sipil dan pemberontak.

Kata komandan laskar pembebasan Sudan, Suleiman Marajan, serangan dilancarkan di kawasan Atron, dekat perbatasan Libya, oleh tentara yang datang dengan konvoi 270 kendaraan pemerintah.

Kata Marajan, serangan itu adalah usaha Sudan untuk menghidupkan kembali konflik di Darfur dan merampas kawasan-kawasan yang dikuasai pemberontak. Omar al-bashir, presiden Sudan dituduhnya berusaha menguasai seluruh kawasan Darfur. Pejabat mahkamah kriminal internasional bulan lalu menuduh bashir melancarkan genosida, kejahatan perang dan kejahatan atas umat manusia di Darfur.

Tapi komandan pasukan penjaga keamanan PBB dan Uni Afrika di Darfur kemarin minta pada PBB supaya jangan menyalahkan satu pihak atau lainnya.

Konflik di Darfur telah menewaskan kira-kira 300,000 orang dan mengakibatkan pengungsian 2,5 juta penduduk. Pemerintah Sudan menuduh pemerintah dan pers dunia barat telah membesar-besarkan konflik itu.

XS
SM
MD
LG