Tautan-tautan Akses

Seorang Turis AS Tewas Ditikam di Beijing


Hari pertama pertandingan Olimpiade Beijing dicemari oleh penikaman maut terhadap seorang turis Amerika, sejumlah protes dan pertanyaan mengenai hilangnya keluarga seorang pembangkang. Para pejabat Cina mengatakan seorang lelaki asal Cina Tenggara menikam dua orang Amerika dan pemandu wisata mereka yang asal Cina, hari Sabtu. Penyerang kemudian bunuh diri dengan melompat dari Drum Tower di Beijing.

Salah seorang warga Amerika itu, Todd Bachman, ayah mantan atlet Olimpiade yang juga mertua pelatih tim voli Amerika, tewas dalam serangan tersebut. Istri dan pemandu wisata mereka dirawat di rumah sakit.

Menurut badan kepolisian internasional, Interpol, penyerang tampaknya tidak terkait dengan kelompok-kelompok terorisme, namun penyelidikan masih berlangsung. Cina mengerahkan lebih dari 100 ribu polisi dan tentara untuk mengamankan Olimpiade.

Juga hari Sabtu, kelompok Pembela HAM Cina menyatakan, anak bayi dan istri seorang pembangkang yang dipenjarakan, Hu Jia, telah hilang dan mungkin ditahan pihak berwajib. Kelompok itu menyatakan tidak bisa berhubungan lagi dengan Zeng Jinyan sejak 7 Agustus, sehari sebelum Olimpiade dibuka.

Sementara itu satu kelompok hak asasi Tibet menyatakan lima anggotanya, tiga warga Amerika, seorang Jerman dan seorang Canada, melakukan protes di lapangan Tiananmen, Beijing hari Sabtu, dan ditahan pihak berwajib.

Secara terpisah, Presiden Amerika George Bush yang menghadiri pesta olahraga Olimpiade di Beijing, hari Sabtu menyatakan optimismenya bahwa Cina akan memberi kebebasan yang lebih besar kepada rakyatnya.

Presiden memanfaatkan pidato mingguannya di radio untuk menyampaikan keprihatinan mendalam Amerika mengenai kebebasan dan hak asasi manusia di Cina. Presiden Bush memuji pertumbuhan ekonomi Cina dan bangkitnya kelas menengah di negara itu. Bush juga mengatakan generasi muda yang menikmati sejumlah kebebasan, pada akhirnya akan menuntut kebebasan yang lebih besar lagi.

Presiden Bush, seorang penggemar olahraga, melewatkan hari Sabtu dengan mengunjungi para atlet dan sejumlah arena pertandingan. Selama lebih dari satu jam ia bersepeda gunung di arena Olimpiade yang menurutnya, sangat sulit.

Ia bermain sebentar dengan tim voli pantai Amerika dan menonton tim softball Amerika berlatih. Bush juga dijadwalkan bertemu perusahaan-perusahaan Amerika yang menjadi sponsor, beribadah di gereja setempat dan menyaksikan pertandingan bola basket dan renang pada akhir pekan ini.

Hari Minggu ini, presiden Bush dijadwalkan bertemu Presiden Cina Hu Jintao.



XS
SM
MD
LG