Tautan-tautan Akses

Mugabe, Tsvangirai akan Mulai Perundingan Langsung Kamis


Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe dan pemimpin oposisi Morgan Tsvangirai akan memulai perundingan langsung hari Kamis yang kemungkinan akan menjadi tahap akhir pembicaraan pembagian kekuasaan.

Sumber-sumber di ibukota Zimbabwe, Harare dan ibukota Afrika Selatan, Pretoria mengatakan kepada VOA bahwa Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki akan menuju Harare untuk memfasilitasi dialog tersebut.

Sumber-sumber yang dekat dengan perundingan itu, kini menuju Pretora, mengatakan kedua pemimpin harus memutuskan apakah Tsvangirai akan memangku jabatan eksekutif sebagai perdana menteri. Mereka mengatakan masalah lainnya adalah siapa yang akan menunjuk gubernur dari ke 10 provinsi di Zimbabwe.

Sebelumnya hari ini, sebuah harian Afrika Selatan melaporkan kedua pihak hampir mencapai kesepakatan pembagian kekuasaan. Harian The Star melaporkan bahwa Presiden Robert Mugabe akan tetap menjabat namun hanya memangku peran seremonial.

Perundingan di Afrika Selatan dimulai 2 minggu lalu setelah Mugabe terpilih kembali lewat pemilu yang oleh pihak oposisi dan para pemantau dikecam sebagai sebuah sandiwara.

XS
SM
MD
LG