Tautan-tautan Akses

Tersangka Teroris Serang Sekelompok Polisi di Xinjiang


Media pemerintah Cina menyatakan hari Senin ini tersangka teroris menyerang sekelompok polisi di Xinjiang, menewaskan paling sedikit 16 polisi

Serangan di wilayah yang berpenduduk Muslim di Cina barat laut itu terjadi hanya beberapa hari menjelang Olimpiade Beijing.

Sun Weide, juru bicara Olimpiade Beijing mengatakan tidak memiliki informasi mengenai serangan yang dianggap penting itu.

Kantor berita Xinhua menyatakan dua penyerang menabrakkan truk ke kantor polisi, melempar 2 bom buatan sendiri dan menusuk polisi dengan pisau sebelum ditangkap.

Xinhua mengaitkan serangan itu dengan komplotan teroris oleh Gerakan Islamis Turkistan Timur, kelompok yang bertujuan mendapatkan kemerdekaan bagi Xinjiang.

Muslim Uighur (orang muslim turki setempat) di Xinjiang telah memarakkan pemberontakan kecil melawan pemerintahan Cina selama bertahun-tahun.

Kelompok HAM dan kelompok Uighur groups di Barat menyatakan pemerintah Cina sering menggunakan terorisme sebagai dalih untuk menghukum minoritas Muslim di negara itu.

XS
SM
MD
LG