Tautan-tautan Akses

PBB Setujui Rincian Usul Perjanjian Kerjasama Nuklir antara AS dan India


Badan nuklir PBB telah menyetujui rincian penting mengenai usul perjanjian kerjasama nuklir antara Amerika Serikat dan India.

Dewan Gubernur Badan Energi Atom Internasional, IAEA, telah menyetujui rencana inspeksi untuk sarana nuklir India hari Jumat. Direktur Jenderal IAEA Mohamed ElBaradei mengatakan ia yakin persetujuan itu baik bagi India dan dunia.

Perjanjian Amerika-India itu mengusulkan penjualan bahan bakar dan teknologi nuklir Amerika kepada India. Ini adalah perjanjian bersejarah karena India telah menguji-coba senjata nuklir dan belum menanda-tangani perjanjian larangan penyebaran nuklir. India sekarang membutuhkan pengecualian dari Organisasi Pemasok Nuklir yang beranggotakan 45 negara untuk mengizinkan perdagangan dengan satu negara yang belum menanda-tangani perjanjian itu.

Seorang jurubicara Dewan Keamanan Nasional Amerika mengatakan ia berharap organisasi itu dengan cepat mengubah pedomannya untuk memungkinkan perjanjian tadi, supaya persetujuan kerjasama nuklir dapat diajukan kepada Kongres Amerika untuk mendapatkan persetujuan terakhir tahun ini.

XS
SM
MD
LG