Tautan-tautan Akses

Tzipi Livni Usahakan Perjanjian Perdamaian dengan Palestina Tahun Ini


Menteri Luar Negeri Israel mengatakan dia akan terus mengusahakan perjanjian perdamaian dengan Palestina tahun ini, walaupun Perdana Menteri Ehud Olmert akan meletakkan jabatan.

Menteri Luar Negeri Tzipi Livni mengatakan keputusan Olmert untuk meletakkan jabatan bulan September adalah ssoal "interen" yang tidak mempengaruhi peranannya sebagai pimpinan perunding perdamaian. Dia mengatakan demikian hari Kamis setelah berbicara dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon di New York.

Livni juga menolak kecaman Palestina mengenai rencana Israel memperluas pemukiman Tepi Barat, dengan mengatakan keluhan demikian hendaknya jangan dibiarkan merusak pembicaraan perdamaian. Dia mengatakan Israel juga telah mengeluh mengenai kekuasaan kelompok militan Hamas di Gaza, tetapi mengatakan dia tidak akan menggunakan masalah demikian untuk menghindarkan perundingan.

Pemerintahan Bush dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan mereka akan terus bekerjasama dengan Olmert dan penggantinya mengenai kesepakatan perdamaian.

XS
SM
MD
LG