Tautan-tautan Akses

Bush Tandatangani Perluasan Sanksi bagi Zimbabwe


Presiden Bush telah menandatangani keputusan memperluas sanksi Amerika terhadap pemerintah Zimbabwe.

Dalam pernyataan hari Jumat Presiden Bush mengatakan keputusan itu adalah akibat langsung dari kekerasan yang bernuansa politik yang dilancarkan oleh yang disebutnya rezim tidak legitimat Presiden Robert Mugabe.

Bush mengatakan, ia memutuskan memperluas sanksi setelah Mugabe tidak menghiraukan seruan-seruan Uni Afrika dan PBB agar menghentikan kekerasan tersebut.

Seterusnya Bush mengatakan, Amerika akan memberi paket bantuan, bantuan pembangunan dan bantuan dana kepada Zimbabwe jika pembicaraan tentang berbagi kekuasaan yang tengah berlangsung berakhir dengan terbentuknya pemerintah baru yang mencerminkan kehendak rakyat Ziambawe.

Pembicaraan perdamaian antara Partai ZANU-PF yang memerintah dan Gerakan Bagi Perubahan Demokratis (MDC) yang beroposisi mulai dilakukan di Pretoria, Afrika Selatan hari Kamis.

Sebelumnya hari Jumat suratkabar pemerintah Zimbabwe memberitakan partai ZANU-PF telah memaklumkan bahwa pemilihan kembali Presiden Mugabe yang kontrovesial tidak dapat ditawar-tawar dalam perundingan itu.

XS
SM
MD
LG