Tautan-tautan Akses

Maois Tolak Bentuk Pemerintahan, Kekacauan Politik Landa Nepal


Pihak Maois Nepal mengatakan mereka tidak akan membentuk sebuah pemerintahan baru setelah kekalahan calon presiden mereka.

Presiden pilihan para pemberontak komunis itu kalah dalam pemilihan hari Senin di Dewan Konstitusi. Sebaliknya pemimpin partai di Kongres Nepal Ram Baran Yadav terpilih untuk jabatan seremonial itu setelah 2 partai utama lainnya di negara itu menggabungkan kekuatan.

Para pemimpin Maois hari Selasa mengatakan bahwa kekalahan hari Senin menunjukkan mereka tidak mempunyai cukup dukungan untuk memimpin sebuah pemerintahan koalisi dan sebaliknya mereka akan terus bersikap sebagai oposisi.

Pihak Maoist sebelumnya berharap mereka memenangkan baik jabatan Presiden maupun Perdana Menteri. Bekas pemberontak itu menguasai sebagian kursi di dewan konstitusi dalam pemilu bulan April namun tidak menjadi mayoritas.

Pemungutan suara untuk jabatan Presiden adalah keputusan penting yang pertama dewan itu sejak anggota legislatif memutuskan untuk menghapuskan sistim kerajaan berusia 239 tahun itu dan menjadikan Nepal sebuah republik.

XS
SM
MD
LG