Tautan-tautan Akses

Rice: Iran Tak Beri Jawaban Serius atas Paket Insentif


Menteri luar negeri Amerika Condoleezza Rice mengatakan, Iran bisa dikenakan sanksi tambahan jika tidak menepati batas waktu dua minggu untuk menjawab paket perangsang yang ditawarkan internasional untuk menghentikan program nuklirnya.

Rice memberi keterangan ini hari Senin dalam penerbangan menuju Persatuan Emirat Arab. Ia mengatakan Iran tidak memberi jawaban serius atas paket itu dalam pembicaraan dengan enam negara di Jenewa hari Sabtu. Paket itu ditawarkan untuk membujuk Iran menghentikan bagian-bagian dari kegiatan nuklirnya yang dipandang sensitif.

Seterusnya Rice mengatakan pembicaraan hari Sabtu memberi pesan kuat bahwa Iran harus membuat keputusan. Namun ia mengingatkan ke-enam negara besar berada dalam posisi terkuat untuk kembali mengenakan sanksi jika Iran tidak membuat keputusan.

Rice hari Senin akan berada di Abu Dhabi untuk bertemu dengan wakil menteri luar negeri William Burns yang menghadiri pembicaraan Jenewa tadi. Rice juga akan mengadakan pertemuan dengan para menteri luar negeri negara-negara Teluk serta negara Arab lain sekutu Amerika.


XS
SM
MD
LG