Tautan-tautan Akses

Pengunjuk Rasa Tuntut Pemberontak Kolombia Bebaskan Sandera


Ratusan ribu warga Kolombia memperingati hari kemerdekaan dengan menyelenggarakan rapat umum di Bogota dan tempat-tempat lain guna menyerukan pembebasan sandera yang masih ditahan pembrontak sayap kiri Kolombia.

Rapat semacam itu juga diselenggarakan di Paris, dimana sandera yang baru-baru ini berhasil dibebaskan, Ingrid Betancourt, membacakan daftar nama orang-orang yang masih ditahan dirimba Kolombia.

Betancourt yang berkewarganegaraan ganda, Perancis Kolombia, ditahan oleh pembrontak FARC selama enam tahun sampai militer Kolombia berhasil menyelamatkan dirinya bersama 14 korban penculikan lainnya pada 2 Juli lalu.

Bintang pop Kolombia, Juanes tampil bersama Betancourt dan menyanyikan lagu-lagu dalam rapat di Paris dimana pengunjuk rasa meneriakkan “Kebebasan” dalam bahasa Spanyol.

Di kota Leticia, Kolombia, dekat perbatasan dengan Peru, penyanyi Kolombia Shakira melakukan pertunjukan yang dihadiri oleh Presiden Kolombia Alvaro Uribe dan Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva serta Presiden Peru Alan Garcia.

Sekitar 2700 orang ditaksir masih ditahan oleh FARC dan kelompok pembrontak lainnya.

XS
SM
MD
LG