Tautan-tautan Akses

Anggota Parlemen Nepal akan Lakukan Pemungutan Suara untuk Pilih Presiden


Para anggota parlemen di Nepal diperkirakan akan melakukan pemungutan suara untuk memilih presiden negara itu menyusul penghapusan kerajaan Hindu itu.

Tiga partai politik besar di negara itu telah gagal mencapai konsensus mengenai siapa yang harus menduduki jabatan tersebut.

Partai Komunis Maois Nepal, yang memenangkan sebagian besar kursi pada pemilihan bulan April, telah memilih Ramraja Prasad Singh untuk menduduki jabatan itu.

Partai Kongres Nepal menghendaki mantan Perdana Menteri Girija Prasad Koirala, dan Partai Komunis Persatuan Nepal Marksis-Leninis memilih pemimpin mereka, Madhav Kumar Nepal, untuk menduduki jabatan presiden. Tetapi pihak Maois menolak keduanya, dengan mengatakan jabatan presiden harus diserahkan kepada seseorang dari partai politik yang lebih kecil.

Ketiga calon itu adalah dari suku Madheshi, dari dataran rendah yang rusuh yang berbatasan dengan India, dimana keluhan atas tindakan diskriminasi oleh pemerintah telah mengakibatkan terjadinya bentrokan yang menjatuhkan korban.

XS
SM
MD
LG