Tautan-tautan Akses

Mottaki Optimis Akan Pembicaraan Kehadiran Diplomatik AS di Iran


Menteri luar negeri Iran, Manoucher Mottaki mengatakan ia melihat kemungkinan bakal ada pembicaraan tentang membuka kehadiran diplomatik Amerika di Teheran dan pembukaan hubungan penerbangan langsung antara kedua negara.

Berbicara di ibukota Turki, Ankara hari Jum’at Mottaki mengatakan hadirnya wakil Amerika dalam pembicaraan akan datang tentang program nuklir Iran merupakan perkembangan positif dan ia mengharapkan kemajuan.

Menteri luar negeri Amerika, Condoleezza Rice mengatakan di Washington pada hari sama bahwa keputusan Amerika mengutus wakil menteri luar negeri William Burns ke pembicaraan itu merupakan sinyal bahwa Amerika bersungguh-sungguh tentang menempuh diplomasi. Namun, katanya, kondisi untuk berunding tetap berlaku dan Burns akan memperteguh posisi Amerika bahwa Iran mesti lebih dulu menghentikan proses memperkaya uranium sebelum dialog serious bisa dilakukan.

Sebelumnya pekan ini Washington mengumumkan akan mengutus William Burns ikut dalam pembicaraan antara ketua perunding Iran dalam soal nuklir, Saeed Jalili dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Javier Solana hari Sabtu di Jenewa.

Kehadiran utusan Amerika itu merupakan pergeseran dalam kebijakan Amerika. Pemerintahan Bush sudah lama berkeras tidak bersedia melakukan perundingan nuklir dengan Iran sebelum Iran menghentikan kegiatan nuklirnya yang sensitif.

XS
SM
MD
LG