Tautan-tautan Akses

Bush Tolak Serahkan Dokumen Pembocoran Agen CIA ke Kongres AS


Presiden Bush, mengutip “hak istimewa eksekutif” menolak mematuhi permintaan kongres untuk menyerahkan dokumen terkait dengan pembocoran identitias mantan agen CIA Valerie Plame.

Ketua dari Komite Pengawasan dan Reformasi Pemerintah DPR Amerika, Demokrat Henry Waxman, menyebut alasan itu konyol dan menuduh Presiden Bush berusaha melindungi Wakil Presiden dari pengawasan.

Waxman berbicara dalam hearing tingkat Komite Rabu.

Waxman mengatakan satu dokumen, laporan dari wawancara Wakil Presiden Cheney dengan agen FBI, bisa menjelaskan apa yang diketahui Wakil Presiden dan apa yang telah dilakukannya.

Panil ini menerbitkan surat perintah yang mengharuskan pemerintah menyerahkan transkrip wawancara Cheney kepada Kongres, bersama dengan dokumen-dokumen lainnya.

Waxman mengatakan komitenya diberitahu bahwa mantan kepala staf Cheney, Lewis Libby, mengatakan kepada FBI bahwa mungkin Cheney memberi instruksi kepadanya untuk membocorkan identitas Valerie Plame.

Waxman mengancam akan menjatuhkan tuduhan penghinaan terhadap Jaksa Agung Michael Mukasey, tetapi pemungutan suara untuk tindakan ini ditunda karena tida semua anggota komite hadir.

XS
SM
MD
LG