Tautan-tautan Akses

Bush Optimis Ekonomi AS, Bernanke Lihat Banyak Kesulitan


Presiden Amerika George Bush mendesak kongres untuk bertindak cepat terhadap perunding undangan untuk mendukung keuangan lembaga pemberi kredit perumahan Fannie Mae and Freddie Mac sembari menunjukkan optimisme bahwa Amerika bisa mengatasi krisis kredit perumahan tersebut.

Presiden Bush berbicara kepada para wartawan hari Selasa dalam upaya meyakinkan Amerika, dan penanam saham bahwa tindakan pemerintah akan membantu menstabilkan pasar keuangan yang sedang dalam masa sulit. Bush mengatakan meski Amerika menghadapi masa yang sulit ia percaya Amerika akan lebih kuat dari sebelumnya.

Sementara itu, pimpinan Bank Sentral Amerika mengatakan kepada para anggota kongres ekonomi Amerika menghadapi sejumlah kesulitan dan bahwa ancaman terhadap kemapanan perekonomian Amerika telah meningkat.

Ben Bernanke mengatakan hari ini, menstabilkan pasar-pasar keuangan akan terus menjadi prioritas utama Bank Sentral, namun ia juga mengatakan para pembuat kebijakan juga berhati-hati terhadap risiko inflasi dan terus berlanjutnya tingkat pertumbuhan yang lamban.

Dalam perkembangan ekonomi lainnya, harga minyak anjlok karena kekhawatiran Amerika yang ekonominya melamban akan mengurangi permintaan. Harga minyak mentah di New York sempat jatuh lebih dari 9 dolar per barel, dalam perdagangan di New York hari Selasa.

Kejatuhan harga tersebut terjadi saat pimpinan Bank Sentral Amerika mengatakan kepada anggota legislatif, Amerika menghadapi dua ancaman, inflasi dan pertumbuhan yang melambat. Sebelumnya hari ini harga minyak di New York naik hampir mendekati rekor saat nilai dolar Amerika jatuh ke rekor terendah terhadap euro.

Harga minyak mencapai rekor tertinggi hari Jumat 147 dolar, 27 sen, per barel di New York. Sementara itu, OPEC telah memangkas perkiraannya untuk permintaan minyak global.

OPEC mengatakan hari ini, konsumsi minyak akan meningkat hanya sedikit diatas 1 juta barel per hari tahun ini, kurang 70 ribu barel per hari dari perkiraan semula.

XS
SM
MD
LG