Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad Sambut Baik Perluasan Hubungan Iran-AS


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan ia menyambut gembira perluasan hubungan antara rakyat Iran dan Amerika, tetapi memperingatkan Teheran akan memerangi setiap musuh dengan kekuatan militer.

Ahmadinejad mengatakan Minggu, ia bersedia mempertimbangkan kehadiran sebuah kantor diplomatik Amerika di Teheran, meskipun ia tidak menerima permintaan resmi semacam itu.

Washington dan Teheran memutuskan hubungan diplomatik tahun 1980 setelah golongan radikal di Iran mengambil alih Kedutaan Besar Amerika di Teheran pada tahun 1979. Pejabat Amerika mengatakan Departemen Luar Negeri sedang memperdebatkan apakah akan membuka sebuah kantor di Iran.

Kedua negara bersengketa mengenai program nuklir Iran, yang dicurigai oleh Washington terkait dengan pengembangan senjata nuklir.

Amerika mengatakan tindakan militer merupakan opsi, kalau Iran tidak mempedulikan seruan internasional untuk mengakhiri kegiatan nuklirnya yang mencurigakan itu.

Presiden Ahmadinejad memperingatkan hari ini, bahwa sebelum musuh-musuh Iran bisa menyentuh pemicu, Iran akan memotong tangan mereka dulu.

XS
SM
MD
LG