Tautan-tautan Akses

Singh Cari Dukungan pada Perjanjian Nuklir yang Kontroversial dengan Washington


Perdana Menteri India hari Rabu berusaha memperoleh dukungan pada perjanjian nuklir yang kontroversial dengan Washington yang hendak membukakan bagi New Delhi sumber bahan bakar dan teknologi nuklir untuk pertama kalinya dalam puluhan tahun.

Perdana Menteri Manmohan Singh mengutarakan harapan ia akan dapat membawa kabar positif untuk Presiden Amerika George Bush ketika keduanya bertemu dalam pertemuan puncak Kelompok-Delapan di Jepang pekan depan.

Singh ingin merampungkan persetujuan dengan Badan Tenaga Atom Internasional, sebelum ia berangkat ke Jepang. Setelah itu, ia berencna untuk mengajukannya kepada parlemen, sebelum perjanjian itu diajukan kepada Kongres Amerika untuk mendapat persetujuan terakhir.

Tetapi, para anggota parlemen dari partai Komunis di India menentang perjanjian yang kontroversial itu dan telah mengancam akan menarik dukungan pada koalisi yang berkuasa kalau persetujuan itu diluluskan oleh Kongres. Golongan komunis khawatir akan terlalu dekat dengan Washinton, dengan mengatakan persetujuan itu dapat merongrong keamanan nasional India.

XS
SM
MD
LG