Tautan-tautan Akses

India Gagal Capai Kata Sepakat Soal Kerjasama Nuklir dengan AS


Pemerintah India dan kelompok komunis sekutunya tidak berhasil mencapai kata sepakat tentang perjanjian kerjasama nuklir dengan Amerika.

Kata Menteri LN Pranab Mukherjee, para perunding akan mengadakan lebih banyak pertemuan lagi guna merampungkan kata sepakat.

Pemerintah Amerika menghendaki supaya India menyetujui perjanjian kerjasama nuklir itu tahun ini sebelum berakhirnya masa jabatan presiden bush. Tapi pemerintah India mengatakan tidak ada batas waktu bagi perundingan itu.

Kalau dicapai perjanjian, pemerintah Amerika akan mengekspor bahan bakar nuklir dan teknologi nuklir ke India untuk pertama kalinya dalam waktu puluhan tahun. Tapi, kelompok komunis India mengancam akan memaksa diadakan pemilihan umum baru apabila pemerintah berusaha memaksakan perjanjian nuklir itu.

Kelompok komunis itu menentang pemisahan antara program nuklir sipil dan militer India serta diadakannya pemeriksaan internasional atas fasilitas nuklirnya. Kelompok komunis tidak ikut dalam pemerintahan koalisi India tapi dukungan mereka dibutuhkan supaya pemerintah koalisi itu bisa terus berjalan.

India punya senjata nuklir tapi tidak menanda-tangani perjanjian non-proliferasi nuklir.

XS
SM
MD
LG