Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Abaikan Nasihat Hukum Soal Kebijakan Terhadap Tahanan


Sebuah laporan media Amerika mengatakan pemerintahan Bush berkali-kali mengabaikan nasihat hukum para pengacara seniornya mengenai kebijakannya untuk menahan tersangka teroris untuk waktu tak terbatas di penjara militer di Guantanamo, Kuba.

Suratkabar Washington Post mengutip mantan pejabat-pejabat pemerintah yang mengatakan pemerintahan Bush mengesampingkan peringatan-peringatan bahwa kebijakan itu besar kemungkinan akan diajukan ke Mahkamah Agung.

Laporan itu menyebut sebuah e-mail dari seorang pengacara top di Departemen LN Amerika, John Bellinger yang mengatakan ia boleh dikatakan menjamin pengadilan federal tidak akan mengukuhkan praktek untuk menahan tak terbatas yang disebut “kombatan musuh.”

Mahkamah Agung Amerika mengambil keputusan awal bulan ini bahwa tersangka teroris asing yang ditahan di Guantanamo boleh mempersoalkan penahanan mereka dalam sebuah pengadilan sipil.

Beberapa tahanan sudah disekap selama lebih dari enam tahun.

Pemerintahan Bush memandang sistem tribunal di fasilitas militer sebagai pilihan yang syah daripada sistem peradilan federal Amerika, sebagian untuk melindungi bukti rahasia.


XS
SM
MD
LG