Tautan-tautan Akses

Rice Bertemu Presiden Lebanon yang Baru Terpilih, Michel Suleiman


Mentri luar negri Amerika Condoleezza Rice telah bertemu dengan presiden Lebanon yang baru terpilih, menyuarakan dukungan bagi pemerintahan negara itu ayang akan dibentuk.

Rice adalah pejabat tertinggi Amerika yang bertemu dengan dengan Presiden Michel Suleiman sejak dicapai kesepakatan untuk berbagi kekuasaan di Lebanon bulan lalu.

Dia mengatakan hari ini bahwa Amerika berencana mendukung pemerintahan baru walaupun pemerintahan itu memberi kekuasaan lebih besar kepada kelompok militan Hezbollah.

Departemen luar negri Amerika mendaftar Hezbollah sebagai organisasi teroris. Tapi Rice mengatakan Amerika mendukung kesepakatan Lebanon demi kepentingan rakyat Lebanon dan pada akhirnya berguna bagi kepentingan Amerika.

Rice juga berencana bertemu dengan PM Fuad Siniora dan pemimpin senior Lebanon lainnya termasuk ketua parlemen Nabih Berri dan pemimpin mayoritas Saad Hariri.

Terobosan dalam kesepakatan itu dicapai dengan bantuan penengah dari Arab, mengakhiri krisis politik 18 bulan dan mengantarkan pembagian kekuasaan yang lebih baik bagi Hezbollah yang didukung Iran.

XS
SM
MD
LG