Tautan-tautan Akses

Para Demonstrasi Menuntut Para Hakim yang Dipecat Musharraf Dikembalikan Jabatannya


Ribuan pengacara dan aktivis Pakistan berangkat menuju ibukota, Islamabad, untuk melakukan demonstrasi menuntut agar para hakim yang dipecat oleh Presiden Pervez Musharraf dikembalikan ke jabatan mereka semula.

Yang disebut “pawai panjang” para demonstran itu dimulai di Karachi sebelumnya dalam pekan ini dengan iring-iringan kendaraan melalui seluruh bagian negara itu. Pawai itu akan mencapai puncaknya hari ini dengan rapat umum dan aksi duduk di luar gedung parlemen di Islamabad.

Ketua Mahkamah Agung yang diberhentikan, Iftikhar Chaudry, dan mantan PM Pakistan Nawaz Sharif berpidato di hadapan para demonstran pada sebuah rapat umum Kamis kemarin di kota Lahore, Pakistan timur. Sharif mengatakan para demonstran tidak akan membiarkan siapapun duduk tenang sampai hukum kembali ditegakkan.

Dua kelompok utama dalam koalisi yang berkuasa di Pakistan – partai Sharif dan Partai Rakyat Pakistan yang dipimpin Asif Ali Zardari – masih menemui jalan buntu mengenai cara mengembalikan para hakim tersebut ke jabatan mereka semula.**

XS
SM
MD
LG