Tautan-tautan Akses

Lima Helikopter Tim Bantuan Bencana PBB Tiba di Rangoon


Lima helikopter PBB yang melakukan tugas bantuan bagi korban bencana topan hari Sabtu tiba di bekas Ibukota Birma Rangoon.

Mereka bergabung dengan helikopter PBB yang tiba hari Senin mengangkut barng-barang bantuan bagi para korban yang selamat akibat topan Nargis yang menyebabkan lebih dari 78 ribu orang tewas dan 56 ribu hilang.

PBB mengatakan, hanya separuh dari korban topan yang diperkirakan berjumlah dua juta orang itu, telah menerima bantuan pangan, air, tenda, dan perawatan kesehatan dari badan-badan bantuan.

Program Pangan Sedunia PBB mempunyai 4 lagi helikopter yang menunggu di Thailand untuk bergabung memberi bantuan.

Junta Militer yang berkuasa di Birma menghalangi banyak usaha bantuan langsung oleh organisasi-organisasi dan pemerintah asing ke daerah delta sungai Irrawaddy yang paling parah dilanda topan tanggal 3 Mei lalu.

Amerika telah menawarkan bantuan 22 helikopter dan sanggup mengangkut bantuan itu dalam beberapa hari saja kepada mayoritas korban yang lapar dan kehilangan tempat tinggal.

Kapal-kapal Amerika yang mengangkut perbekalan bantuan dan helikopter-helikopter sekarang telah menjauh dari pantai Birma, tetapi para pejabat militer Amerika mengatakan kalau diminta mereka dapat kembali untuk memberi bantuan.

XS
SM
MD
LG