Tautan-tautan Akses

Tawaran AS Angkut Bahan Bantuan bagi Korban di Birma Masih Berlaku


Militer Amerika menyatakan tawaran untuk membantu mengangkut bahan bantuan bagi korban badai Nargis di Birma masih berlaku, walaupun kapal-kapal Amerika sudah meninggalkan pantai Birma.

Letjen John Goodman yang mengepalai operasi bantuan Amerika untuk Birma memberitahu para wartawan hari Jumat ini bahwa para pemimpin militer Birma belum memberi jawaban atas bantuan yang ditawarkan 3 minggu lalu. Menurut Goodman, militer Amerika menawarkan untuk memberi ijin para pejabat Birma naik ke helikopter Amerika dan memberitahu mereka terbang ke mana.

Amerika telah menawarkan 22 helikopter dan menyatakan dapat mengirimkan bantuan kepada sebagian besar korban selamat yang kelaparan dan kehilangan tempat tinggal hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Lebih dari satu bulan berlalu sejak badai Nargis mengoyak Delta Irrawaddy di Birma. PBB menyatakan hanya separuh dari sekitar 2 juta korban badai yang telah menerima sebagian pangan, air dan tempat berlindung atau perawatan kesehatan dari badan-badan pemberi bantuan.

Sementara itu, pemerintah militer Birma marah kepada media-media asing yang hari ini menyiarkan apa yang mereka sebut laporan palsu mengenai kerusakan yang disebabkan badai itu.

XS
SM
MD
LG