Tautan-tautan Akses

Militan Zimbabwe Serang Diplomat AS dan Inggris


Amerika Serikat mengecam pemerintah Zimbabwe setelah diplomat-diplomat Amerika dan Inggris ditahan selama beberapa jam di utara Harare hari Kamis. Jurubicara Departemen LN Amerika Sean McCormack mengatakan penahanan itu “betul-betul sangat keterlaluan,” menyebutnya contoh penindasaran yang digunakan oleh pemerintah Zimbabwe terhadap rakyatnya sendiri.

Dutabesar Amerika James McGee mengatakan insiden itu terjadi kurang lebih 45 kilometer di utara ibukota setelah para diplomat itu menengok para korban kekerasan politik baru-baru ini. McGee mengatakan polisi menghentikan para diplomat itu di sebuah rintangan jalan dan menyobek ban-ban kendaraan mereka.

Ia mengatakan para pendukung Presiden Robert Mugabe yang militan menghampiri diplomat-diplomat itu dan meminta pembantu-pembantu mereka pergi bersama mereka ke sebuah kantor polisi setempat. Ketika para diplomat itu menolak tuntutan mereka, kaum militan itu mengancam akan membakar kendaraan-kendaraan itu dan semua orang di dalamnya.

Pejabat-pejabat Zimbabwe menyangkal keterangan Dutabesar McGee, dengan mengatakan polisi berusaha melindungi diplomat-diplomat itu dari khalayak yang sulit diatur.

Pejabat-pejabat Amerika dan Inggris mengatakan para diplomat itu dibebaskan setelah diadakan perundingan yang melibatkan Departemen LN Zimbabwe.

XS
SM
MD
LG