Tautan-tautan Akses

Uni Emirat Arab akan Buka Kedutaan Besar di Irak


Uni Emirat Arab mengatakan negara itu berharap menunjuk seorang dutabesar untuk Irak dalam beberapa hari ini – langkah pertama dari sebuah negara Arab dalam beberapa tahun ini.

Mentri LN Uni Emirat Arab Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahayan menguatkan adanya rencana seperti itu dalam sebuah jumpa pers di Baghdad, setelah mengadakan pertemuan hari Kamis dengan PM Irak Nouri al-Maliki dan Presiden Jalal Talabani.

Sheikh Abdullah juga mengatakan Uni Emirat Arab berharap akan membuka sebuah kedutaan besar di Baghdad dalam beberapa pekan ini.

Dalam sebuah pernyataan, PM Maliki menyambut baik langkah negara Arab Teluk itu. Sheikh Abdullah berada di Baghdad dalam kunjungan pertama seorang mentri senior Arab Teluk sejak invasi pimpinan Amerika terhadap Irak pada tahun 2003.

AS menyambut baik keputusan Uni Emirat Arab itu dan mengharapkan negara-negara tetangga akan melakukan hal yang sama. AS telah mendesak negara-negara Arab Teluk agar menunjukkan dukungan lebih besar lagi pada pemerintah Irak dan membuka perwakilan diplomatik tingkat tinggi di Baghdad.

XS
SM
MD
LG