Tautan-tautan Akses

ASEAN akan Kirim 200 Anggota Tim Pertolongan Darurat ke Birma


Kelompok negara asean akan mengirim 200 orang anggota tim darurat ke Birma untuk mengusahakan bantuan bagi para korban topan nargis. Kata sekretaris-jenderal asean, surin pitsuwan, tim itu akan dikirim hari Kamis guna meninjau kerusakan yang disebabkan topan itu.

Kapal-kapal angkatan laut Amerika sedang bersiap-siap meninggalkan perairan lepas pantai Birma karena itu tidak diberi izin untuk memberikan bantuan kepada korban topan.

Kata laksamana timothy Keating, kapal perang uss Essex dan kapal-kapal pembantunya akan meninggalkan perairan itu hari Kamis. Amerika telah berusaha 15 kali untuk meyakinkan Birma supaya kapal-kapal itu bisa masuk ke pelabuhan. Kapal-kapal Amerika itu juga membawa helikopter dan bahan perbekalan.

Kata laksamana Keating, ia sedih dan kesal, karena Amerika, bisa membantu meringankan penderitaan ratusan ribu penduduk Birma. Ia mengatakan, kapal-kapal Amerika itu akan kembali apabila para jenderal Birma menghendakinya.

Kapal-kapal angkatan laut perancis juga sedang meninggalkan kawasan itu karena tidak diberi izin memberikan bantuan kepada korban topan.

XS
SM
MD
LG