Tautan-tautan Akses

Menlu Prancis Lakukan Kunjungan Mendadak Dua Hari ke Irak


Menteri Luar Negeri Prancis Bernard Kouchner melakukan kunjungan mendadak ke Irak untuk mengadakan pembicaraan dua hari. Kouchner tiba di kota Nasiriyah, Irak tenggara, Sabtu ini.

Menlu Kouchner akan bertemu dengan Wakil Presiden Irak, Adel Abdul-Mahdi. Kunjungan itu dilakukan hanya dua hari sesudah konferensi dukungan PBB di Stockholm mengenai pembangunan kembali Irak.

Para pejabat di konferensi itu menyetujui sebuah deklarasi yang memuji Irak dalam meningkatkan keamanan dan memerangi tindak kekerasan serta terorisme. Namun, konferensi satu hari, Kamis baru lalu itu berakhir tanpa menghasilkan komitmen dari negara-negara kreditor terbesar Irak mengenai peringanan hutang Irak, sebagaimana diminta oleh Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki.

Dalam perkembangan lain, Sabtu ini pasukan militer pimpinan Amerika di Baghdad menyatakan telah menangkap seorang pemimpin senior – apa yang mereka sebut dengan istilah – “Jaringan kriminal kelompok-kelompok khusus”. Istilah itu digunakan oleh militer untuk menggambarkan pemberontak Shiah yang didukung Iran.

XS
SM
MD
LG