Tautan-tautan Akses

Cina Ungsikan Puluhan Ribu Orang Serta Keluarkan Jutaan Dolar untuk Cegah Banjir


Cina memusatkan perhatian pada danau-danau yang terbentuk akibat gempa dahsyat bulan ini, dan mengungsikan puluhan ribu orang serta memobilisasi dana jutaan dolar untuk mencegah banjir.

Hujan lebat yang diduga akan turun selama beberapa hari mendatang meningkatkan kekhawatiran bahwa danau baru itu akan jebol, sebelum para pekerja dapat mengeringkan airnya.

Para petugas telah mengevakuasi sekitar 150 ribu orang dari Kabupaten Beichuan, di mana sebuah danau telah terbentuk.

Pemerintah Cina telah menyediakan dana 27 juta dolar untuk menangani yang disebut ‘danau-danau gempa’ yang terbentuk karena tanah longsor akibat gempa dahsyat bulan ini, menyumbat aliran sungai.

Kantor berita Xinhua hari Rabu melaporkan, Departemen Keuangan akan menggunakan dana dari anggaran belanja pusat untuk menghindarkan kemungkinan bencana lagi di provinsi Sichuan.

Menurut Xinhua, tanah longsor akibat gempa tanggal 12 Mei membentuk 34 danau, yang menurut Xinhua, 28 di antaranya dapat jebol dan menimbulkan banjir.

Hari ini Cina mengumumkan bahwa jumlah korban jiwa akibat gempa telah melewati angka 68 ribu. Hampir 20 ribu orang belum ditemukan.

XS
SM
MD
LG