Tautan-tautan Akses

Michel Suleiman Mulai Tugas Sebagai Presiden Libanon


Presiden baru Libanon, Michel Suleiman telah memulai tugas hari pertama mempersiapkan pembentukan pemerintah persatuan nasional untuk mengakhiri krisis politik yang 18 bulan melanda negara itu.

Ketika tiba di istana kepresidenan di Beirut hari Senin ia disambut dengan 21 tembakan meriam dan barisan musik militer.

Parlemen memilih mantan kepala staf Angkatan Darat itu hari Minggu sebagai bagian dari persetujuan yang ditengahi negara-negara Arab untuk mengakhiri pertikaian politik yang membawa Libanon ke pinggir perang saudara. Tugas pertama Presiden Suleiman pekan ini adalah membentuk pemerintah persatuan di mana gerakan Hezbollah yang beroposisi akan memiliki hak veto.

Kantor kepresidenan menjelaskan Presiden Suleiman akan berkonsultasi dengan para anggota Parlemen hari Rabu dalam membentuk kabinet baru.

Presiden Amerika George Bush Senin pagi menelepon Presiden Suleiman mengucapkan selamat kepadanya. Presiden Bush mengukuhkan janjinya kepada pemerintah Libanon dan mengundang Presiden Suleiman datang ke Washington.

XS
SM
MD
LG