Tautan-tautan Akses

Kekerasan Anti Warga Asing di Afsel Telah Tewaskan 50 Orang


Pihak kepolisian Afrika Selatan mengatakan jumlah korban tewas akibat kekerasan anti-orang asing selama dua pekan di sana telah mencapai sedikitnya 50 orang.

Menurut pihak berwenang, situasi di sebagian besar wilayah negara itu relatif tenang hari ini. Namun ada berbagai laporan mengenai kekerasan hari Sabtu kemarin. Pada salah satu insiden, seorang tentara menembak mati seorang lelaki yang menyerang seorang perempuan di sebuah kawasan kumuh di Johannesburg.

Pasukan militer dikerahkan di beberapa bagian Johannesburg hari Kamis lalu untuk membantu polisi menghentikan serangan massa terhadap rumah dan tempat usaha milik kaum imigran.

Presiden Thabo Mbeki dijadwalkan berpidato mengenai kerusuhan itu hari ini. Para pemimpin Afrika Selatan lainnya mengunjungi kawasan-kawasan permukiman yang dilanda ketegangan dan mendesak warga agar menahan diri dan tidak melakukan serangan.

Lebih dari 25 ribu orang mengungsi dari rumah mereka sejak kekerasan meletus di kawasan Alexandra, Johannesburgh, pada 11 Mei lalu.

XS
SM
MD
LG