Tautan-tautan Akses

Ban Ki-moon Yakin Birma akan Ijinkan Bantuan Internasional Masuki Negara Itu


Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon mengatakan ia yakin pemerintah militer Birma akan memenuhi janji terhadap persetujuan bagi ijin masuk bantuan internasional untuk para korban siklon Nargis.

Dalam konferensi donor internasional yang berlangsung satu hari di Rangoon Minggu, Ban mengatakan pemerintah Birma tampaknya bergerak kearah yang benar untuk melaksanakan persetujuan itu, yang dicapai Jumat lalu. Ia menyebut hal ini sebagai titik balik untuk meningkatkan usaha pemberian bantuan.

Perdana Menteri Birma Jendral Thien Sein memberitahu hadirin pada konferensi donor ini bahwa bantuan ini disambut baik sejauh tidak ada ikatan apa-apa. Ia mengucapkan terima kasih kepada para donor untuk bantuan yang telah diberikan sejauh ini.

Pejabat Birma menaksir kerugian ekonomi akibat siklon Nargis yang menghantam daerah delta Irawadi, mencapai 11 miliar dolar.

Amerika mengatakan, fihaknya bersedia memberi lebih banyak bantuan siklon kepada Birma, namun setelah pemerintah militer disana mengijinkan pakar internasional mengevaluasi situasinya.

XS
SM
MD
LG