Tautan-tautan Akses

Jepang Sumbang 560 Juta Dolar untuk Dana Global Perangi AIDS, TBC


Perdana menteri Jepang, Yasuo Fukuda mengatakan Jepang akan menyumbang 560 juta dolar kepada Dana Global untuk memerangi penyakit AIDS, TBC dan malaria di Afrika. Berbicara di Tokyo hari Jum’at ia mengatakan Jepang akan mulai memberi sumbangan itu pada tahun 2009.

Baru saja beberapa hari lalu Jepang berjanji melipat-duakan bantuannya kepada Afrika dalam lima tahun ke depan dalam rangka menunjang pembangunan di benua itu. Dari tanggal 28 sampai 30 bulan ini bertempat di Yokohama Jepang bertindak sebagai tuan-rumah Konperensi Internasional Tokyo mengenai Pembangunan Afrika.

Juga hari Jumat, Jepang menyediakan 53 juta dolar sebagai hebah darurat kepada PBB untuk membantu pengungsi Afghanistan, Afrika dan Palestina menghadapi kenaikan harga maupun kekurangan pangan.

Sementara, Arab Saudi telah menyumbang 500 juta dolar untuk membantu Program Pangan Sedunia (WFP) mencukupi kenaikan harga pangan bagi golongan miskin.

Dalam keterangan kepada wartawan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan sumbangan besar yang belum ada taranya itu melengkapi kampanye pengumpulan dana 755 juta dolar yang dilakukan WFP.

Ban Ki-moon menambahkan sumbangan itu datang tepat waktu bagi jutaan orang yang bergantung pada catu makanan.

Harga beras, tepung gandum, jagung dan kacang kedelai naik ke tingkat tertinggi belakangan ini akibat naiknya harga minyak, kuatnya permintaan serta faktor lain. Kenaikan harga berarti WFP harus mengumpulkan lebih banyak dana atau mengurangi jumlah yang dibantu.

XS
SM
MD
LG