Tautan-tautan Akses

Ban Ki-Moon: Birma Setuju Izinkan Masuknya Bantuan dan Pekerja Asing


Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan pemimpin tertinggi Birma telah setuju akan mengizinkan semua bantuan dan pekerja asing masuk ke negara itu untuk menolong jutaan orang yang selamat dari bencana badai.

Ban mengatakan demikian setelah mengadakan pembicaraan lebih dua jam dengan Jenderal Than Shwe di ibukota terpencil Birma, Naypyidaw hari ini. Pimpinan PBB itu mengatakan dia yakin persetujuan tersebut merupakan sebuah terobosan yang dicapai setelah terjadinya Badai Nargis.

Pemerintah militer Birma sebelumnya menolak mengizinkan sebagian besar bantuan dan pekerja asing melakukan usaha pertolongan besar-besaran di negara itu. Ban hari Kamis meninjau Delta Irrawaddy yang dilanda badai itu, terbang di atas beberapa daerah yang paling parah terkena bencana dan singgah di kamp-kamp pertolongan.

PBB mengatakan pertolongan hanya mencapai 25 persen dari korban bencana badai topan itu. Para pemimpin Birma mengatakan badai yang terjadi tanggal 3 Mei itu menewaskan kira-kira 78 ribu orang, dan bahwa 56 ribu orang lagi masih hilang.

XS
SM
MD
LG