Tautan-tautan Akses

India-Pakistan Mulai Lagi Pembicaraan Damai


Pejabat-pejabat tertinggi India dan Pakistan melaporkan kemajuan dalam penbicaraan damai hari Selasa, setelah pertemuan mereka yang pertama sejak pemerintah sipil yang baru mengambil alih kekuasaan di Pakistan.

Menteri Luar Negeri India Shiv Shankar Menon dan Menteri Luar Negeri Pakistan Salman Bashir bertemu di Islamabad, ibukota Pakistan untuk membahas terorisme, perdagangan narkoba, kerja-sama ekonomi dan daerah Kashmir yang disengketakan.

Pernyataan dari kementerian luar negeri Pakistan mengatakan baik Menon maupun Bashir menyatakan rasa puas dengan kemajuan yang dicapai sebegitu jauh.

Pertemuan hari Selasa akan diteruskan hari Rabu demgan pembicaraan antara Menteri India urusan Luar Negeri Pranab Mukerjee dan Menteri Pakistan Urusan Luar Shah Mehmood Qureshi.

Ini merupakan perundingan tingkat-tinggi pertama antara kedua negara sejak Pakistan melantik pemerintahan koalisi bulan Maret. Mukerjee hari Selasa mengatakan lingkungan demokratis yang baru di Pakistan akan membantu kedua negara mengupayakan perdamaian, stabilitas, dan pembangunan ekonomi.


XS
SM
MD
LG